Rabu, 30 Juni 2010

GROUPPER

Kerapu termasuk dalam keluarga Serranidae Epinephelinae subfamily. Kata "kerapu" diyakini berasal dari nama Portugis, garoupa. Asal-usul nama ini dalam bahasa Portugis. Di Australia, nama "Groper" digunakan bukan "kerapu" untuk beberapa spesies, seperti macracanthus Queensland (Epinephelus lanceolatus). Di Filipina, ia disebut lapu lapuDi Amerika Serikat, kerapu umumnya ditemukan di perairan Florida.

Kerapu biasanya memiliki tubuh yang gemuk dan mulut besar. Mereka tidak tidak bias berenang untuk jarak jauh dan cepat. Mereka bisa menjadi sangat besar, dan lebih dari satu meter panjang dan tidak jarang beratnya sampai 100 kg serta mampu hidup lebih dari 60 tahun. Kerapu tidak memiliki banyak gigi di rahang mereka, tetapi mereka menghancurkan mangsanya di tenggorokan. Mereka biasanya makan ikan, gurita, kepiting dan lobster. Mereka lebih suka menunggu mangsa, daripada mengejarnya.Insang dan mulut mereka membentuk sistem mengisap kuat.
Kebanyakan kerapu bertelur antara bulan Mei dan Agustus. Mereka adalah waria protogynous, berjenis kelamin betina saat muda dengan berat mencapai sekitar 3 kilaogram dan menjadi pejantan saat mereka tumbuh lebih besar sekitar 10 hingga 12 kg.
Sebuah surat kabar melaporkan 396,8 pon kerapu pernah ditangkap di perairan dekat pulau Sembilan di Selat Malaka pada Januari 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar